Berapa Biaya untuk Homeschooling?

Sistem belajar homeschooling sepenuhnya menjadi tanggung jawab orang tua. Sistem belajar mandiri dan fleksibel pada homeschooling memberikan banyak kesempatan kepada anak untuk mencari tahu apapun yang ia minati.

Kegiatan belajar serta mata pelajaran ditentukan sendiri  oleh orang tua dan anak sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, dan potensi anak. Oleh karena itu, proses belajar antara individu satu dengan yang lain tidak dapat disamakan.

Homeschooling menjadi pilihan karena berbagai alasan, seperti ketidakpuasan dengan metode pendidikan yang tersedia dan keyakinan bahwa anak tidak dapat mengembangkan minat atau bakat dan kreativitasnya di sekolah umum.

Tanggung jawab tersebut meliputi pemenuhan kebutuhan dan kemampuan anak terhadap mata pelajaran atau keahlian yang ia minati. Memilih untuk mengundang pengajar atau guru privat ataupun maupun memilih mandiri untuk pendidikan anak. Beberapa faktor tersebut berpengaruh kepada biaya yang dikeluarkan orang tua dalam memilih sistem pendidikan homeschooling ini.

Biaya Pendidikan Home Learning dan Kelas Mandiri

Homeschooling memiliki beberapa kegiatan  yang disesuaikan dengan kebutuhan anak pada setiap keluarga.  Pada tahap awal orang tua dan anak berdiskusi bersama untuk menentukan keinginan dan minat anak. Proses ini juga sebagai upaya untuk menentukan kegiatan atau minat apa yang cocok untuk anak tanpa adanya paksaan dan beban dari orang tua.

Di Kreativa Homeschooling, ada dua pilihan homeschooling yang bisa dipilih, yaitu untuk melaksanakan pendidikan secara mandiri atau memilih menggunakan lembaga homeschooling untuk membantu. Lebih jelasnya biaya pendidikan homeschooling dibagi menjadi dua, yaitu biaya per semester kelas privat home learning dan biaya per semester kelas mandiri. 

Pada privat home learning orang tua tidak sepenuhnya bertanggung jawab pada pendidikan anak, akan tetapi dibantu dengan mendatangkan pengajar atau guru privat. Biaya yang dikeluarkan meliputi, biaya pembeliaan buku, SPP privat seminggu 3x, dan biaya kegiatan.  

Pada kelas mandiri, biaya yang dikeluarkan meliputi biaya pembeliaan buku dan biaya kegiatan. Orang tua bertanggung jawab penuh secara mandiri mengawasi dan memberikan pendidikan untuk anaknya  sehingga tidak membutuhkan biaya untuk kursus. 

Biaya keduanya tergantung juga pada jenjang sekolahnya. Jadi, setiap jenjang baik home learning maupun mandiri biaya yang dikeluarkan berbeda.

Biaya Pendidikan Homeschooling 

Biaya homeschooling sangat tergantung pada program yang dirancang oleh orang tua untuk anak. Biaya pendidikan ini juga tergantung pada penghasilan orang tua. Biaya tersebut umumnya meliputi biaya pembelian buku, biaya privat, dan biaya kegiatan. Rincian tersebut dijelaskan sebagai berikut.

Biaya konseling 

Untuk menemukan bakat dan minat anak, homeschooling memberikan ruang untuk orang tua berkonsultasi. Orang tua, anak, dan lembaga homeschooling dapat bersama-sama berdiskusi untuk menemukan potensi anak sebagai acuan model belajar yang digunakan. Oleh karena itu, dibutuhkan juga biaya untuk berkonsultasi kepada ahli atau pakarnya agar dapat mengembangkan potensi anak.

Biaya beli buku

Meskipun homeschooling sistem belajarnya lebih fleksibel atau tidak selengkap di sekolah formal, namun tetap membutuhkan buku sebagai penunjang belajar. Biaya yang dikeluarkan untuk pembelian buku berupa modul belajar dan buku pendalaman untuk kelas akhir. 

Biaya privat

Biaya privat  bergantung pada kursus yang dipilih anak. Kursus yang dipilih seperti, kursus komputer, menjahit, kursus bahasa asing, berenang, bahkan bisnis, dan banyak lainnya. Biaya yang dikeluarkan meliputi, bimbingan karir dan biaya kursus. 

Biaya kegiatan

Biaya kegiatan meliputi, kegiatan school project bulanan dan parenting semesteran. Kegiatan yang dilaksanakan tergantung kepada minat dan bakat anak yang ingin dikembangkan.

Nah, begitulah poin-poin dalam pembiayaan pendidikan homeschooling. Semua biaya yang dikeluarkan bisa disesuaikan sendiri oleh kebutuhan masing-masing keluarga.

Leave a Comment