Kenapa Harus Homeschooling?

Sistem belajar homeschooling menjadi salah satu pilihan orang tua dalam mendukung tumbuh kembang anak. Banyak faktor dari keluarga atau orang tua untuk memutuskan memilih sistem pendidikan yang ditawarkan oleh homeschooling.

Homeschooling menjadi pilihan karena berbagai alasan, seperti kondisi medis tertentu sehingga anak tidak memungkinkan mengikuti sekolah formal, ketidakpuasan dengan metode pendidikan yang tersedia, dan keyakinan bahwa anak tidak dapat mengembangkan minat atau bakat dan kreativitasnya dalam sekolah umum. 

Fokus Pengembangan Bakat dan Minat Anak

Alasan memilih sistem pendidikan homeschooling salah satunya karena sangat cocok untuk mengembangkan bakat dan minat anak. Orang tua akan turut memberikan perhatian khusus dan waktu lebih banyak untuk mengembangkan potensi yang dimiliki anak. Selain itu, sistem pendidikan homeschooling  ini dapat mengembangkan bakat dan minat anak secara maksimal. 

Pada sekolah formal telah menyediakan wadah untuk mengembangkan potensi anak, akan tetapi masih belum dapat menjangkau setiap individu secara lebih mendalam dan intim. Sistem pendidikan homeschooling memberikan perhatian khusus dalam menunjang bakat dan minat anak pada suatu aktivitas. 

Jadwal Sekolah yang Fleksibel

Berkaitan dengan proses belajar, homeschooling lebih fleksibel. Proses belajar lebih fleksibel tanpa terikat aturan mengekang dan mata pelajaran atau kegiatan dapat dipilih sesuai dengan kemampuan dan kebutuhannya sendiri. Orang tua dan anak dapat mendesain sendiri model pembelajaran apa yang cocok untuk dirinya.

Hal tersebut menunjukkan bahwa sistem belajar ini menyesuaikan dengan kebutuhan anak. Pun, juga disesuaikan dengan perubahan dan perkembangan zaman yang semakin maju. Apalagi di era digital seperti ini banyak kompetensi atau hal baru yang dapat dipelajari. Keterampilan yang berkaitan dengan teknologi sekarang ini biasanya banyak diminati oleh kaum milenial. 

Berkaitan dengan biaya yang dikeluarkan, homeschooling dipilih karena dapat menekan biaya yang dikeluarkan untuk pendidikan. Biaya pendidikan homeschooling disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anak. Walau kembali lagi bahwa bukan berarti biaya pendidikan berbasis rumah ini jauh lebih terjangkau dari sekolah formal.

Intens Memantau Perkembangan Anak

Alasan penting dan pokok orang tua patut mempertimbangkan sistem belajar homeschooling yakni mempererat jalinan antara orang tua dan anak. 

Pertama, orang tua dapat mengawasi dan memantau anak belajar di rumah tanpa rasa khawatir. Orang tua dapat dengan siap sedia memantau anak seperti menekan kemungkinan kejadian bully yang kerap terjadi di luar rumah. 

Kedua, orang tua akan memiliki banyak waktu untuk memusatkan perhatian dalam mengembangkan minat dan bakat anaknya. Sistem pendidikan homeschooling  memungkinkan orang tua akan lebih sering bertemu dengan anak. Waktu belajar yang bisa diatur dengan fleksibel bisa lebih mendekatkan orangtua dengan anak. 

Pada dasarnya memang orang tua memiliki peran utama dalam pola pengasuhan, pembentukan karakter serta pemantapan nilai spiritual. Memang sepatutnya orang tua memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anaknya. 

Kreativa Homeschooling sangat cocok untuk orang tua yang fokus pada pengembangan potensi anak

Leave a Comment