Perbedaan Antara Homeschooling dengan Sekolah Formal

Homeschooling merupakan salah satu alternatif untuk menempuh pendidikan selain sekolah formal.  Homeschooling menjadi salah satu pilihan untuk memperoleh pendidikan di era yang semakin berkembang saat ini.  

Homeschooling atau biasa disebut juga dengan sekolah mandiri banyak diminati dan dilirik karena dianggap dapat memenuhi kebutuhan anak dalam belajar lebih mendalam. Sistem pendidikan yang ditawarkan disesuaikan dengan kebutuhan, kemampuan, dan potensi anak.  

Di Indonesia sendiri sistem pendidikan berbasis rumah ini banyak dikenal dan banyak peminatnya. Hal ini juga didukung dengan telah adanya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 129 tahun 2014. Di era yang semakin berkembang,  kebutuhan masyarakat pun kian beragam. Termasuk di bidang pendidikan, homeschooling pun kian berkembang.  

Berbicara mengenai sistem pendidikan homeschooling, apakah sistem pendidikan homeschooling berbeda dengan sekolah formalSebelum menjelaskan tentang perbedaan keduanya, homeschooling dan sekolah formal memiliki persamaan. Sistem pendidikan homeschooling dan sekolah formal memiliki tujuan yang sama yakni demi kemajuan pendidikan bangsa, dari segi pengetahuan dan wawasan, pembentukan karakter serta nilai spiritual. Mari kita simak perbedaan antara homeschooling dengan sekolah formal. 

Sistem Pendidikan Homeschooling Lebih Fleksibel daripada Sekolah Formal

Pada sekolah formal sistem pendidikan mengacu pada peraturan lembaga sekolah dan lembaga pendidikan terkait. Artinya proses belajar mengajar harus berdasarkan peraturan sekolah. Pada sistem pendidikan yang digunakan dalam homeschooling lebih fleksibel karena disesuaikan dengan kebutuhan anak. Artinya proses belajar terjadi karena adanya kesepakatan antara orang tua, anak, atau bahkan pengajar (jika mengikuti kursus atau lembaga homeschooling). 

Contohnya jika di sekolah jadwal belajar penuh dan padat dalam seminggu, sedangkan sistem belajar homeschooling lebih fleksibel. Anak dapat mengatur jam belajarnya sendiri, pun tanpa harus sekolah penuh dalam seminggu. 

Pendidikan Homeschooling Tidak Terikat pada Satu Kurikulum

Terkait dengan kurikulum yang digunakan sekolah formal dan homeschooling. Pada sekolah formal pembelajaran berdasarkan kurikulum untuk mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan kompetensi dasar, sedangkan sekolah rumah memiliki kurikulum yang  lebih fleksibel. Kurikulum yang digunakan bisa menggunakan kurikulum seperti sekolah formal atau mengikuti kurikulum dari luar negeri, atau membuat kurikulum khusus sesuai kebutuhan dan minat anak.

Belajar pada Homeschooling Dapat Dilakukan Di Mana Saja

Sekolah formal biasanya menyediakan fasilitas penunjang pembelajaran seperti ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, dan lapangan. Pada sistem belajar berbasis rumah ini fasilitas yang ada lebih sederhana karena disesuaikan dengan kebutuhan belajar anak. Keluarga dapat memanfaatkan fasilitas dalam rumah. Atau bisa juga keluar rumah sesuai dengan kebutuhan anak untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Model Belajar Homeschooling Disesuaikan dengan Karakter dan Kebutuhan Anak

Kurikulum untuk sekolah formal memang memberikan berbagai pilihan model pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan anak. Namun, masih belum dapat berjalan maksimal karena pembelajaran belum dapat fokus pada satu anak melainkan banyak anak (semisal dalam ruangan kelas). Sementara, homeschooling memberikan kesempatan kepada anak untuk berdiskusi dengan orang tua mengenai desain pembelajaran apa yang diinginkan sehingga pembelajaran berlangsung lebih fokus sesuai dengan potensi anak. 

Intens Memantau Perkembangan Anak daripada Sekolah Formal

Satu hal yang tak kalah penting adalah peran orang tua dalam mendukung dan memberikan pendidikan untuk anak. Homeschooling memberikan wadah agar orang tua memiliki banyak waktu dengan anak. Berbeda dengan sekolah formal, yakni anak lebih banyak waktu di sekolah daripada di rumah.

Itulah perbedaan mendasar dari sistem pendidikan homeschooling dengan  sekolah formal. Bahwasannya homeschooling memang hadir sebagai sistem belajar yang lebih fleksibel sebagai salah satu alternatif pendidikan.

Apabila ayah dan bunda mencari home schooling di Blitar, bisa hubungi admin Kreativa Home Schooling yang melayani home schooling di Blitar, Tulungagung dan Kediri

Leave a Comment