RESEP UNTUK BALITA YANG SULIT MAKAN SAYUR

Rasa pahit yang dirasakan balita pada saat pertama kali mencoba sayur membuat mereka membeci dan menjauhi makanan yang terdapat sayur didalamnya. Inilah yang membuat orang tua kualahan padahal kandungan sayur seperti nutrisi, mineral, dan antioksidan yang membuat tubuh tetap sehat.

Selalu tawarkan sayur walaupun mereka tidak tertarik

Mungkin mereka tetap tidak ingin makan sayur namun penting untuk orang tua mengenalkan sayur di meja makan. Pada saat sarapan, makan siang, makanan ringan, makan malam usahakan untuk memperlihatkan sayur.

Makan sayur dengan makanan lain di depan anak

Biarkan mereka tahu bahwa sayuran dapat dimakan dengan apapun, biasanya anak akan mendekati kita dan mencoba merasakan.

Jangan memembesarkan masalah pada saat anak yang tidak mau makan sayuran

  Yang dapat dilakukan oleh orang tua adalah dengan menyisipkan sayuran ke dalam makanan atau jajanan pada anak, dibuatkan kue dengan memblander sayuran.

Memasak sayuran yang mereka sukai

Dari yang orang tua lakukan diatas, kita akan tahu sayuran apa yang lebih disukai oleh anak kita. Ini merupakan perkembangan yang baik, masaklah sayuran itu dan jangan lupa tetap memperkenalkan sayuran lain juga.

Membentuk sayuran

Membuat bentuk yang lucu atau membentuk tokoh karakter yang disukai sang anak akan membuat anak tertarik untuk mencicipinya

Membuat makanan

Caranya adalah menyuruh anak untuk menghidangkan makanan di meja dengan memberikan tugas menuangkan sayuran ke dalam mangkok. Atau juga bisa mempersiapkan makanan sendiri dan menyuruhnya untuk menambahkan sayur yang disukai.  

Leave a Comment