14 Hal Dasar yang Harus Diajarkan Anak Usia Dini

Beberapa anak usia dini terkadang memiliki motivasi yang besar dalam belajar dibandingkan dengan teman sebayanya. Hal ini disebabkan karena ketertarikan anak terhadap suatu hal yang berbeda. Untuk itu Orang tua harus selalu memperhatikan kebutuhan, keinginan dan mendukung apa yang menjadi ketertarikannya.

Kebutuhan dasar belajar anak usia dini, bisa dipilah menjadi dua jenis. Yang pertama adalah life skill atau kemampuan untuk mandiri dan yang kedua adalah pengetahuan tentang hal yang benar dan salah. Baik dan buruk. Boleh dan tidak boleh.

Sudah kodratnya, anak usia pra sekolah sering bertanya dan ingin mempelajari hal baru. Nah, tugas Ayah Bunda dalah mengajarkan dengan sabar dan menyenangkan. Jangan sampai asal menjawab atau malah emosi. Karena pembelajaran dari orang tua biasanya yang paling membekas dan membentuk karakter anak.

Berikut adalah rincian hal apa saja, yang seharusnya diajarkan kepada anak usia TK (Kindergarten)

  1. Memahami konsep benar dan salah
  2. Mengenalkan huruf dan suara
  3. Mengenalkan warna
  4. Mengerti bentuk bentuk
  5. Memahami angka
  6. Belajar berhitung
  7. Belajar menggunting
  8. Belajar menggambar
  9. Belajar menulis
  10. Life skill
  11. Keterampilan motoric halus
  12. Cinta alam
  13. Mencintai seni rupa
  14. Iman

14 hal diatas akan sangat membantu dalam kegiatan sehari-hari sampai mereka tumbuh dewasa.

Jika ayah bunda ingin mengetahui lebih lanjut kurikulum TK yang diterapkan untuk homeschooling di wilayah Blitar, silahkan konsultasikan kepada admin Kreativa Homeschooling.  

Leave a Comment