OUTING FUN CLASS ITU APA?

Inovasi inovasi dalam dunia pendidikan memang harus selaku dilakukan, permasalahan yang terjadi setiap era selalu berbeda. Permasalahan saat ini adalah model belajar yang monoton yaitu model ceramah dimana akan berimbas pada kejenuhan belajar oleh siswa. Kreativa homeschooling berusaha membuat inovasi agar siswa tetap mau belajar dengan membuat program gathering sebulan sekali (selama pandemi) yaitu Outing Fun Class.

Apa itu Outing Fun Class?

Outing Fun Class adalah pembelajaran yang dilakukan di luar kelas berbasis di lingkungan bisa di perpustakaan, lapangan, atau tempat wisata. Vera (2012:10) mengatakan bahwa dalam belajar di luar lebih menuntut siswa memahami materi atau kenyataan riil yang terjadi. Siswa dapat menyentuh langsung objek yang sedang dipelajari dan mereka juga bisa melihat keadaan lingkungan sehingga menumbuhkan sikap peduli dengan lingkungan dan menumbuhkan rasa ingin tahu. 

Berikut manfaat Outing Fun Class oleh Kreativa Homeschooling Blitar

  • Bersosialisasi

Kemampuan bersosialisasi tidak akan pernah terlepas dari seorang manusia, ada stereotip terhadap anak homeschooling karena pembelajaran hanya dilakukan didalam rumah jadi mereka dianggap susah bersosial. Kegitan yang dilakukan Kreativa Homeschooling ini akan sangat bisa membantu mengikis stereotip tersebut. Anak anak homeschooling dikumpulkan dalam satu lingkungan dan melakukan sebuah misi berkelompok, melatih sosial dengan cara yang menyenangkan.  

  • Melatih keterampilan

Misi misi yang diberikan akan memaksa siswa homeschooling berpikir bagaimana cara meyelesaikan misi dengan benar dan tepat. Berpikir dibawah tekanan waktu, teman teman disekitarnya akan membuat keterampilan si anak muncul bahkan terkadang ide mereka diluar ekspektasi guru.

  • Mengasah kreativitas

Keterampilan berdampingan dengan kreatifitas, bagaimana cara mereka menyelesaikan misi, strategi apa yang mereka gunakan untuk menang, dan bekerja sama dengan teman satu kelompoknya. Karena mereka bekerja secara berkelompok mereka akan dipaksa untuk menurunkan ego dan membiasakan mendengarkan pendapat orang lain. Dengan ini, proses kreatifitas akan sangat sehat.    

  • Membiasakan berpikir cepat

Misi-misi yang diberikan untuk anak Kreativa Homeschooling berbenturan dengan batas waktu, mau tidak mau anak anak dituntut untuk berpikir cepat dan tepat. Kegiatan ini ditujukan untuk melatih spontanitas dan reflek mereka terhadap lingkungan. Selain itu, mereka juga akan belajar membuat dan memutuskan keputusan pada situasi yang tidak bersahabat.

“Pendidikan adalah tiket ke masa depan. Hari esok dimiliki oleh orang-orang yang mempersiapkan dirinya sejak hari ini”

Malcolm X

Kreativa Homeschooling Blitar tidak akan berhenti berinovasi untuk masa depan anak yang lebih cerah.   

Leave a Comment