STUDI LANJUTAN KE LUAR NEGERI

Persiapan studi di luar negeri tidak bisa dilakukan sehari semalam. Yang menjadi pertimbangan adalah, lamanya menempuh pendidikan disana, tinggal di Negara yang asing, dan jauh dari keluarga serta teman. Berikut beberapa tips untuk persiapan studi lanjutan di luar negeri :

  1. Mencari informasi terkait Negara tujuan

Mengetahui sejarah awal, budaya, dan adat istiadat Negara tujuan akan mempermudah dan meningkatkan pengalaman belajar kalian. Mengenal Negara tujuan tidak hanya membuat kalian gembira karena keunikan yang ada di Negara tersebut tetapi juga untuk menghindari masalah yang mungkin timbul akibat perbedaan peraturan atau hokum yang ada di luar negeri.

2. Belajar bahasanya

Ketika kalian menempuh studi dimana bahasa inggris bukan merupakan bahasa utama, maka kalian akan dipaksa untuk belajar bahasa basic Negara tujuan. Kalian bisa mengambil kursus baik offline maupun online, dan hal utama yang harus dipelajari adalah bahasa sehari hari.

3. Perencanaan keuangan

Kalian harus memastikan uang kalian cukup untuk keperluan studi, makan, berobat, dan keadaan mendesak. Untuk mencukupi kebutuhan disana, cara yang biasa dilakukan mahasiswa Indonesia adalah mencari beasiswa dan bekerja sambilan diluar jam belajar.

4. Bersiap untuk keberangkatan

a. Periksa persyaratan imigrasi

Studi di luar negeri pasti memerlukan visa studi, walaupun sekolah bisa membantu kalian melalui aplikasi tetapi kalian harus pro-active dan peduli mengenai passport (apakah passport kalian masih aktif atau sudah expired).

b. Membuat perjanjian dengan dokter

Memeriksakan diri sebelum studi lanjutan di luar negeri merupakan hal penting dilakukan, peran dokter disini adalah memberikan nasihat mengenai vaksinasi dan obat obatan selama kalian studi di luar negeri. Membeli obat obatan di luar negeri akan sangat menakutkan untuk dilakukan.

c. Dapatkan asuransi yang tepat dan perjalanan yang tepat

Sekalipun kalian mendapat asuransi kesehatan dari orang tua, kemungkinan besar kalian membutuhkan jaminan sewaktu belajar di luar negeri. Asuransi perjalanan juga akan terbayarkan jika mengalami gangguan perjalanan.

d. Alat komunikasi

Setelah tiba di Negara tujuan pertama adalah membeli cell phone, dan membeli kartu SIM prabayar untuk digunakan selama tinggal di sana. Aplikasi seperti Skype, Whatsapp, Instagram, Facebook, dan Twitter untuk berhubungan dengan keluarga serta teman kalian yang ada di Indonesia.

Itulah sedikit tips yang dapat Kreativa Homeschooling berikan bagi kalian yang berkeinginan melanjutkan studi di luar negeri. Kalau kalian ingin mengetahui informasi lebih mengenai studi lanjutan di luar negeri bisa mendaftar ke Kreativa Homeschooling   

Leave a Comment