Menanam dan Memanen Sayur Serta Menangkap Ikan Bersama Siswa Kreativa

Kegiatan Outing Fun Class merupakan kegiatan non akademik yang wajib dilaksanakan di Kreativa Homeschooling setiap satu bulan sekali. Pelaksanaan Outing Fun Class Kreativa identik dilaksanakan di pekan akhir pada setiap bulan. Kegiatan Outing Fun Class kali ini merupakan kegiatan Field Trip berlokasikan di Organic Farming School, Bence, Garum. Kegiatan dilaksanakan pada Hari Minggu (26/09) pukul 08.30 WIB hingga selesai.

Peserta kegiatan Field Trip adalah Siswa Kreativa Homeschooling dan Siswa Kreativa Privat. Kegiatan kali ini dibimbing oleh Guru Pendamping Kreativa Homeschooling yaitu Bu Yuni dan Bu Fitri, sedangkan inti dari kegiatan Field Trip dibimbing dan diarahkan oleh Bu Dini selaku Tour Guide dari Organic Farming School.

Field Trip difokuskan untuk memanen dan menanam sayur-sayuran serta menangkap ikan. Kegiatan pertama kali ini adalah memanen sayur kangkung. Sayur kangkung dipanen dengan cara dicabut dan juga boleh digunting. Namun kali ini, para Siswa Kreativa memilih untuk mencabutnya karena tidak ada yang membawa gunting. Setelah dicabut, akar dari sayur kangkung dibersihkan. Kemudian sayur kangkung yang sudah bersih dikumpulkan dalam suatu wadah.

Kegiatan kedua adalah menanam sayur sawi. Sayur sawi ditanam dilahan bekas panenan sayur kangkung. Menanam sayur sawi harus telaten dan sabar. Sebab benihnya yang kecil dan penananman yang dilakukan terhadap sayur sawi harus tegap (tidak boleh ambruk). Menanam sayur sawi dilakukan di tanah yang gembur dan juga tanah yang subur. Jika sawi yang ditanam tidak tegap maka besar kemungkinan akan menghasilkan sayur sawi yang kurang subur.

Kegiatan ketiga adalah memanen sayur terong. Sayur terong dipanen di ladang terong. Pemanenan sayur terong harus dilakukan dengan hati-hati karena sayur terong memiliki duri di pangkal terongnya. Sayur terong dipanen dengan cara memutar terong tersebut searah jarum jam hingga sayur terong lepas dari pohon. Sayur terong yang dipanen kemudian dikumpulkan menjadi satu wadah, kemudian para Siswa Kreativa beranjak menuju ke kolam ikan.

Kegiatan terakhir adalah menangkap baby fish dari ikan nila di kolam ikan. Uniknya penangkapan ikan kali ini dilakukan secara langsung tanpa menggunakan bantuan media apapun. Para Siswa Kreativa menangkap ikan tersebut dengan tangan kosong secara bersamaan. Penangkapan ikan di pandu oleh Bu Dini CS di dua kolam berbeda. Pada penangkapan ini, para Siswa Kreativa dihimbau untuk berhati-hati ketika mencebur kedalam kolam. Pasalnya kolam banyak mengandung lumut hijau yang beresiko dan rawan terpeleset.

Setelah menyelesaikan empat kegiatan sekaligus, para Siswa Kreativa membersihkan diri masing-masing kemudian disusul untuk pulang bersama.  Kegiatan Outing Fun Class ini ditutup dengan para Siswa Kreativa yang membawa hasil panen dan hasil tangkapan ikan. Nah, untuk kegiatan lebih lanjut bisa dicek melalui https://www.youtube.com/watch?v=cAJMuHze3i8&t=18s di channel youtube kami.

Berdasar kegiatan Field Trip ini, memberikan dampak yang baik bagi Siswa Kreativa. Dimana, pengetahuan didapatkan bersamaan dengan pengalaman secara langsung di lapangan. Secara tidak langsung, Siswa Kreativa belajar dengan nyata cara yang baik dan tepat dalam memanen dan menanam sayuran.  Selain itu, pada kegiatan terakhir yaitu menangkap ikan dengan tangan kosong memberikan stimulan kepada Siswa Kreativa untuk mengendalikan emosi khususnya kesabaran dan berpikir sekreatif mungkin bagaimana cara untuk menangkap dan mendapat ikan. Hal tersebut juga membantu Siswa Kreativa untuk mengasah kecerdasan otak kanannya yang berpusat dalam pengendalian emosionalnya.

-admin by Agnes-

Leave a Comment