Outbound “Aku Berani Aku Percaya Diri” Bersama Siswa Kreativa-Seri I dan II

Kegiatan outbound merupakan kegiatan non-akademik yang di agendakan setiap satu bulan sekali oleh Kreativa Homeschooling. Kegiatan Oubond Berseri ini, diikuti oleh siswa-siswi Kreativa Privat dan Kreativa Homeschooling. Pada pelaksanaanya, kegiatan ini dipandu oleh Ibu Ayu Suryaningtyas, S.Or, M.Sc, yang merupakan salah satu Relawan Penggerak Olahraga Masyarakat (POM) Dispora Jawa Timur sekaligus tim dari A_Yuk Jalan.

Outbond kali ini, bertema “Aku Berani Aku Percaya Diri”. Tema tersebut dipilih dengan tujuan setelah mengikuti kegiatan bersama Kreativa Homeschooling dan Kreativa Privat, ananda dapat lebih aktif dan lebih percaya diri, sehingga tangguh dalam menghadapi tantangan dan kesulitan sehari-hari. Selain itu, Ananda diharapkan dapat berkontribusi positif dalam kesuksesan belajar, mudah beradaptasi dan berinteraksi sosial, berani membuat keputusan dan bertanggungjawab.

Kegiatan outbound ini diagendakan dalam 3 seri. Seri pertama dilaksanakan pada tanggal 23 Januari 2022, dan seri kedua dilaksanakan pada tanggal 13 Februari 2022. Untuk seri ketiga, akan diagendakan pada tanggal 13 Maret 2022. Kegiatan Outbond seri 1 dan 2, berlokasi di Taman Kebon Rojo, Kota Blitar, dan dimulai pada pukul 08.00 WIB.

Sebelum memulai kegiatan, ananda akan diajak untuk melakukan pemanasan dan berkenalan dengan teman-teman, baik dari Kreativa Homeschooling maupun Kreativa Privat. Pada outbond seri pertama dan kedua, ananda diajak untuk berlatih bekerja sama dalam permainan yang seru dan menyenangkan. Dalam setiap seri Outbond, akan diberikan berbagai permainan yang berbeda, baik dalam bentuk permainan kelompok kecil, permainan besar dan juga rally games, seperti permainan Laba-laba, Ular Naga, Estafet Bola, dan juga Fliying Fox. Selain bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik ananda, permainan-permainan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan kerja sama dalam tim, rasa percaya diri ananda untuk menyelesaikan tantangan yang diberikan. Di akhir sesi, bu Ayu mengajak ananda untuk merefleksikan kembali permainan yang sudah diikuti dan manfaat yang bisa didapatkan.

Memberikan kegiatan belajar sambil bermain untuk Ananda sangat dibutuhkan dalam mengembangkan fungsi fisiologis dan psikologis. Bermain merupakan hal penting dalam tumbuh kembang ananda. Bermain dapat memberi kesempatan ananda untuk melatih keterampilan, serta dapat mengembangkan ide-ide kreatif sesuai dengan cara dan kemampuannya sendiri. Sehingga diharapkan dapat membantu proses belajar dan meningkatkan hasil belajar ananda. Selain itu, bertemu dan berkenalan dengan teman-teman yang baru, dapat membantu ananda untuk meningkatkan kemampuan dalam bersosialiasi. Kemampuan ini, nantinya dapat membantu ananda, untuk mengenali dan mengolah emosi, bergaul, serta dapat berempati dengan teman-teman di lingkungannya agar ananda dapat mengembangkan kepribadiannya.

Untuk Rangkaian permainan dan Manfaat Kegiatan Outbound selengkapnya silahkan kunjungi channel Youtube kami dengan klik disini.

Leave a Comment