Outbound “Aku Berani Aku Percaya Diri” Bersama Kreativa Seri ke III

Outbound seri ke 3 ini dilaksanakan pada 13 Maret 2022, dan berlokasi di Kolam Renang Tirta Badak Hitam – Jl. Maluku No. 14, Karangtengah. Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi Kreativa Privat dan Kreativa Homescholing. Pada pelaksanaannya di pandu oleh Kak Peni Yuliana, S.Pd, yang merupakan salah satu Tim Fasilitator Outbound di Blitar.

Kegiatan Outbound Seri 3 kali ini berbeda dengan Seri 1 dan 2. Pada seri ke 3 ini ananda di ajak untuk bermain di air. Tujuannya adalah menambah pengetahuan dan mengenenalkan ananda dalam kegiatan air, supaya di kemudian hari Ananda tidak takut terhadap kegiatan di air dan bisa berenang.

Sebelum Ananda melakukan kegiatan di dalam air, Ananda melakukan pemanasan dan berkenalan kembali dengan teman yang sudah pernah maupun masih baru ikut kegiatan Outbound ini.  Melakukan pemanasan sebelum bermain di dalam air bermanfaat untuk mencegah terjadinya kecelakaan atau cidera, dengan kata lain untuk melemaskan otot-otot badan agar lebih rileks dan tidak akan menimbulkan kram di dalam air. Pemanasan dimulai dengan gerakan sederhana seperti bergantian mengangkat kaki, menekuk tangan ke kanan dan ke kiri, lompat di tempat, bermain lempar bola, dan estafet bola.

Setelah selesai pemanasan Ananda diajak mulai untuk main di air, di mulai dari air yang dangkal kemudian ke kolam yang agak dalam. Di dalam air Ananda di ajak untuk melakukan berbagai permainan yang berguna untuk melatih rasa berani anak. Seperti adu cepat menambil bola yang di lempar ke tengah kolam, mengelilingi kolam dengan menjaga bola tetap di dalam lingkaran yang di buat dengan bergandeng tangan bersama teman-teman lainnya, dan bersenang-senang dengan teman-teman.

Pelaksanaan kegiatan belajar sambil bermain ini dapat menambah perkembangan fungsi fisiologis dan psikologis pada Ananda. Belajar sambil bermain dapat memberikan kesempatan pada Ananda untuk menyalurkan ekspresi dan imajinasi yang kreatif. Selain itu kegiatan di luar pembelajaran materi juga bisa menambah rasa sosialisai Ananda terhadap lingkungan dan orang-orang sekitar, sehingga di kemudian hari Ananda tidak ada lagi rasa takut terhadap dunia yang lebih luas lagi.

Untuk Video Lengkapnya Kegiatan Outbound Seri ke 3, silahkan kunjungi channel YouTube Kreativa Homeschooling dengan Klik disini

Leave a Comment