Tanya Jawab Homeschooling

Homeschooling bisa dibilang masih cukup baru di dunia pendidikan, banyak orang tua yang belum mengetahui tentang homeschooling. Jadi wajar apabila ada banyak pertanyaan yang terlintas terkait homeschooling ini. Beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan orang tua tentang homeschooling telah kami kumpulkan di halaman ini sehingga bisa memberikan kemudahan para orang tua tentang homeschooling

Apabila setelah membaca ini anda masih bingung tentang homeschooling, anda bisa menghubungi kami melalui kontak

Bagaimana dengan ijazah siswa homeschooling?

Ijazah homeschooling menggunakan ijazah penyetaraan atau kejar paket dengan menggunakan dapodik Pendidikan Non Formal (PNF). Saat ini ijazah ini memiliki nilai yang sama dan bisa digunakan untuk melanjutkan ke sekolah formal, masuk universitas negeri maupun untuk pekerjaan.

Apakah saya terdaftar resmi di dapodik PNF dan mendapat NIS (Nomor Induk Siswa)?

Semua siswa yang mendaftar otomatis akan mendapatkan NIS karena resmi terdaftar di dapodik pada tahun pertama. Sehingga jika siswa tersebut akan pindah ke PKBM lain ataupun sekolah formal harus mengurus surat pindah layaknya pindah sekolah formal biasanya.

Apakah saya bisa transfer dari dan ke sekolah formal?

Bisa. Pindah sekolah dari sekolah formal, ataupun pindah ke sekolah formal bisa dilakukan. Hanya saja proses administrasi tetap mengikuti proses layaknya pindah sekolah. Transfer/ pindah sekolah sebaiknya tidak dilakukan pada tahun terakhir karena ada proses pendaftaran Ujian Nasional.

Apakah saya bisa meneruskan pendidikan tepat waktu?

Ujian Nasional PNF dilaksankan tepat setelah ujian nasional sekolah formal. Biasanya dijadwalkan minggu setelahnya. Dan ijazah akan keluar bersamaan dengan sekolah formal. Sehingga bisa melanjutkan ke sekolah formal atau ke perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri

Apakah kualitas siswa homeschooling bisa bersaing dengan siswa pendidikan formal?

Tentu bisa. Hanya saja karena konsep homeschooling ada di pengembangan bakat dan minat, sehingga mata pelajaran yang dibebankan hanya sedikit. SD 6 mata pelajaran, SMP 7 mata pelajaran dan SMA IPS 8 mata pelajaran.

Kreativa Homeschooling juga mengadakan ujian semenster secara langsung (tatap muka) sehingga bisa mengontrol kualitas pendidikan siswa. Bagi siswa yang memiliki nilai di bawah KKM akan mendapatkan treatment khusus dari kreativa.

Apakah ada kegiatan ekstrakulikuler?

Ekstrakurikuler wajib yang harus diikuti adalah pramuka. Sementara itu untuk kegiatan kelembagaan kreativa, lebih bersifat pengembangan diri. Seperti outbond, kunjungan profesi dsb

Apakah saya bisa mengajari anak saya sendiri?

Bisa. Pembelajaran bisa dilakukan secara mandiri bersama orang tua. Kreativa akan mengontrol seminggu 2x via daring untuk pelaksaanaan pembelajaran. Kami juga menyediakan guru piket jika ada materi yang tidak dimengerti bisa konsultasi secara daring. Untuk buku dan pelaksanaan ujian akhir semester tetap akan dilaksanakan oleh Kreativa.

Apakah layanan belajar privat tersedia di lokasi saya?

Untuk manajemen belajar privat di rumah akan diakomodir oleh kreativa privat yang melayani wilayah blitar, Kediri dan tulungagung. Kami akan memastikan anda mendapatkan tutor yang kompeten di bidangnya. Jika terpaksa tidak ada tutor yang tersedia, maka bisa mengikuti program belajar mandiri dengan pemantauan daring.